Pegangan Saat Mati Gaya Dalam Menulis Artikel atau Buku

Satu tahun yang lalu saya mengikuti pelatihan menulis (Writing Camp) dengan mentor kawakan Pak Edy Zaqeus (EZ) sekaligus founder Bornrich Consultant. Tidak hanya pelatihan, peserta mendapat bingkisan berupa buku dari para alumni. Dari beberapa buku yang saya terima, buku Yuk… Nulis Buku pertamamu, yang menjadi sorotan saya.

Setelah pelatihan dua hari selesai, buku ini saya baca dan telaah maknanya. Selama ini saya hobi menulis, tapi tidak tahu, tulisan saya mau diapakan. Candu yang selama pelatihan ditambah candu dari buku ini yang menjadikan saya kecanduan dengan dunia tulis menulis. Alhasil, dengan jangka waktu 3 bulan setelah pelatihan, buku pertama saya terbit. Satu tahun berselang, saat ini buku kedua dalam proses finalisasi (editing), sedangkan buku ketiga masih dalam tahap penulisan. Baru beberapa bab yang sudah dibuat.

Gara-gara candu dari buku ini juga, saya jadi tergila-gila dengan penulisan artikel. Persis seperti yang disampaikan penulis khusus buat saya “Happy ARTmazing Writing”. Terima kasih pad Pak EZ yang telah memberi hadiah buku ini dan kepada penulis yang telah memberi jargon yang mampu menghipnotis saya.


Berikut resensi bukunya…

Judul Buku: Yuk… Nulis Buku pertamamu - Tips mudah untuk mewujudkan buku impianmu
Penulis: Marcelina R. Suganda, Amelia Hirawan
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama
Jumlah halaman: 85 halaman
Tahun terbit: 2015

ISI YANG PENTING/MENARIK

Bagi pemula yang awalnya tidak suka menulis atau bingung bagaimana memulai menulis, buku ini sangat cocok untuk membuka wawasan atau otak yang buntu. Tahapan demi tahapan disampaikan secara terstruktur dan mudah dipahami. Selama pembaca membaca halaman demi halaman, maka tujuan utama menulis buku akan tercapai sesuai dengan harapan. Metode yang paling sederhana, yaitu memulai dengan diary menjadikan pembaca akan tergerak untuk mulai mengambil pena dan buku, corat coret mulai dilakukan. Sampai dengan penyuntingan dan bagaimana buku bisa dikenal banyak orang. Disampaikan dengan sangat mudah dipahami.

BAHASA PENGARANG

Pemakaian tata bahasa dan pemilihan kata sangat tepat, menggunakan bahasa komunikatif, praktis, bisa dipahami untuk berbagai kalangan. Serta contoh yang mudah dimengerti menjadikan buku ini enak dibaca. Sepertinya anak usia Sekolah Dasar bisa memahami dan mengerti juga. Pemakaian huruf yang cukup besar juga memudahkan pembaca untuk memahami, mana yang harus ditonjolkan.

KEUNGGULAN

Buku keterampilan, tapi dikemas dengan menggunakan Bahasa populer. Bahasa anak muda. Meskipun belum selesai membaca secara keseluruhan, pembaca sudah tergerak untuk memulai menulis. Dengan latar belakang penulis dari Psikologi, menjadikan buku ini “power full” untuk orang dewasa, remaja, maupun anak-anak untuk tergerak mulai menulis apa yang ada dibenaknya. Bahkan pemilihan kata sederhana, bisa dijadikan modal untuk mengarahkan menulis satu paragraf.
 
KELEMAHAN

Kelemahan dari buku ini, belum ada pembahasan bagaimana pemanfaatan tehnologi yang sedang digandrungi anak muda. Termasuk pemakaian sosial media dan pemilihan penerbit on line yang sedang booming pada waktu itu. 

MASUKAN DARI PEMBACA


Supaya terus mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan tehnologi untuk penulis di era milenial, ditunggu karya selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku "How to be a Taipan"

Discover Roemah Kopi DeKaranganjar Blitar