Resensi Buku "Sekolah Lokal Berkualitas Internasional" Resep Jitu Mengelola Sekolah Internasional

Judul Buku: Sekolah Lokal – Berkualitas Internasional. Resep Jitu Mengelola Sekolah Internasional (Satuan Pendidikan Kerjasama/SPK)
Penulis: Capri Anjaya
Penerbit: Pusat Studi Sumber Daya Manusia (PSSDM)
Cetakan: Pertama
Jumlah halaman: 198 halaman
Tahun terbit: 2017

ISI YANG PENTING/MENARIK

Budaya yang beraneka ragam membuat manusia di berbagai negara untuk berkreasi, menghasilkan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Begitu juga di Indonesia. Dengan makin banyaknya pendatang ke dari luar negeri yang bermukim sementara di Indonesia, membuat mereka berlomba-lomba membangun lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebudayaan dan perilaku di negara asalnya. Dengan berjalannya waktu, lembaga pendidikan yang bertaraf internasional ini bersifat universal, tidak spesifik pada satu negara saja, tapi bisa untuk siapa saja. Bahkan Warna Negara Indonesia (WNI) pun bisa menikmati pendidikan berskala Internasional ini.

Fasilitas yang memadai, pengajar yang menggunakan bahasa Inggris, peraturan pemerintah, jaminan kenyamanan siswa menjadi sorotan orang tua untuk berbondong-bondong menyekolahkan anaknya kesana. Melihat kebutuhan yang semakin meningkat, mendorong pihak swasta untuk membangun lembaga pendidikan berkualitas internasional setara dengan SD sampai SMA. Dalam buku ini, dipandu secara lengkap bagaimana mengelola sekolah lokal berkualitas internasioanl secara berkualitas dan profesional.

BAHASA PENGARANG

Pemakaian bahasa dan pemilihan kata sangat tepat, menggunakan bahasa komunikatif, praktis, ringan dan tidak ada kesan menggurui, sehingga  mudah dipahami oleh pembaca.  Pesan sederhana yang disampaikan oleh pengaran dapat dipahami langsung oleh pembaca.

KEUNGGULAN


Buku ini berbeda dengan buku bertema pendidikan lainnya. Tidak hanya sebagai buku panduan, tapi bisa dipakai sebagai referensi bagi mahasiswa, pengajar, Dinas Pendidikan, pengamat pendidikan, bahkan orang tua yang ingin memasukkan anaknya di sekolah internasiona atau pihak swasta yang ingin membangun sekolah internasiona. Dengan jam terbang tinggi, penulis mampu menterjemahkan ke dalam bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca yang bukan dari dunia pendidikan. Sebagai mana kita ketahui, pihak swasta dalam hal ini investor, banyak yang tidak memilik latar belakang pendidikan.
 
KELEMAHAN

Kelemahan dari buku ini, belum adanya contoh tahapan membangun sampai dengan pengelolaan sebuah sekolah internasional yang cocok sesuai dengan iklim di Indonesia. Jadi kesannya hanya teori. Tapi belum ada contoh (case study) bagaimana membangun sebuah sekolah internasional yang baik mulai tahapan konsep sampai dengan bagaimana pengelolaannya. Jadi bisa menjawab halaman 138, bahwa “Orang Indonesia pintar membuat rencana yang hebat-hebat tetapi lemah pada saat pelaksanaannya.”

KESIMPULAN

Dengan pemilihan kata yang menarik, buku ini nyaman untuk dibaca meskipun tidak punya latar belakang pendidikan. Karena dilema saat ini, orang tua banyak yang bingung memilih sekolah, pihak swasta ingin membangun sekolah tapi bingung model apa yang menarik serta apa saja yang harus dipersiapkan. Punya infrastruktur bagus, pengajar yang bagus dan biaya pendidikan mahal, tidak menjamin bisa menelorkan murid yang pintar dan cerdas. Tetap diperlukan campur tangan dari berbagai pihak, seperti guru, kepala sekolah, orang tua, pemerintah dan investor. Semua lapisan masyarakat harus melihat pendidikan sebagai konsep yang luas. Pendidikan merupakan proses untuk menyiapkan generasi muda menjadi anggota masyarakat yang baik.

MASUKAN DARI PEMBACA

Buku ini merupakan bacaan wajib bagi mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan, Guru, Kepala Sekolah, calon Investor dan Dinas Pendidikan yang khusus menangani hubungan luar negeri dan kurikulum. Perlu dilakukan kampanye secara intensif kepada yang terkait supaya mereka memahami mengelola sekolah internasional itu seperti apa.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Discover Roemah Kopi DeKaranganjar Blitar