Resensi Buku " VIRAL Gebrakan kekinian Public Relations di era digital"

·       Judul Buku : VIRAL Gebrakan Kekinian Public Relations Di Era Digital
·       Nama Pengarang : Nita Kartikasari
·       Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
·       Tahun Terbit : 2017
·       Tebal : 165 halaman
·       Nomor Edisi : ISBN 978-601-03-5647-1



Buku ini dirancang oleh Nita untuk membantu PR agar menyingkapi perkembangan di dunia Digital. Memanfaatkan segala sarana Sosial Media dengan sebaik-baiknya. Kecintaannya terhapat profesi dan kecerdasannya membaca persaingan pasar, menjadikan Nita lebih kreatif untuk mengembangkan dunia PR. Paradigma saat ini bahwa yang bertugas membantu meningkatkan penjualan adalah Marketing sedangkan PR hanya sebatas membuat Press Release, tanpa ada kejelasan KPI nya. Disini Nita berbagi dengan pembaca, bagaimana trik PR mampu mendongkrak penjualan tanpa harus dengan biaya tinggi. Kecermatan membaca pasar, pemilihan brand ambassador dan kepiawaian team untuk memanfaatkan sosial media.

Secara umum, buku ini bisa dijadikan dasar seorang PR untuk mengembangkan ide dan berkreasi. Bagaiman menjadi PR di dunia digital, saat nya tidak hanya menunggu, tapi kreatif dan turut serta membuka mata tentang kelebihan dan kekurangan dari produknya.
Buku ini mampu menyadarkan PR muda untuk mulai merubah paradigma lama dan membuat paradigma baru tentang dunia PR. Seperti yang dicontohkan pada halaman 106, Nita bangga telah menciptakan teori SOCIAL ORCHESTRA. Harapan nya teori ini bisa menjadi VIRAL di dunia PR.

Di buku ini terdapat kata-kata bijak yang mendorong supaya PR itu sudah saatnya berubah, seperti: “don’t try to control the conversation. You have to influence the conversation.”


Kelebihan Buku

Dapat menuntun PR muda untuk berubah, mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan tehnologi yang ada. Menuntut kreatifitas yang tinggi dan teamwork yang kuat. Bahasanya sederhana, mudah dimengerti, meskipun pembaca yang bukan dari kalangan PR. Judul dan cover bukunya yang eye catching dipadu dengan warna yang serasi menambah keistimewaan buku.


Kekurangan Buku

Buku pertama memang belum sempurna, masih ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi. Adapun kekurangan dari buku VIRAL ini antara lain:
     1   Ilustrasi gambar semua tertumpu di akhir halaman. Akan lebih baik, ada gambar yang ditampilkan di setiap bab, supaya tidak monoton.
     2  Gambar tertuang akhir halaman (GALLERY), gambar tampak tertata rapih, namun sayangnya tidak   ada caption di masing-masing gambar. Pembaca tidak mengetahui maksud dari gambar tersebut. Tanpa ada penjelasan, seolah-olah gambar tersebut hanya narsis. Tanpa ada makna sama sekali. Padahal kalau dilihat seksama, sepertinya event nya penting penting dan tokoh yang berbicara cukup terkenall. 
    
     Masukan dari pembaca

    Buku ini luar biasa, biografi yang dikemas dengan bahasa yang sederhana sehingga kesannya tidak sombong atau arogan. Tapi lebih kepada membimbing pembacanya. Ditunggu karya selanjutnya, setelah sukses menjadi PR perusahaan besar, bagaimana Nita mampu mem PR kan dirinya, mem Viral kan teori barunya "Social Orchestra" serta mem PR kan buku VIRAL.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Discover Roemah Kopi DeKaranganjar Blitar