Serba Serbi Kemeriahan di Hari Kemerdekaan



lomba tarik tambang

Hari merdeka nusa dan bangsa itulah hari kemerdekaan kita. Itulah salah satu bait lagu yang memancarkan kebahagiaan bahwa kita telah merdeka. Salah satu Rasa bahagia ini dituangkan dengan berbagai macam acara bahkan sampai ke acara pesta atau malam keakraban. Salah satu kegiatan adalah dengan adanya berbagai lomba baik perorangan maupun kelompok yang memancarkan keceriaan, kebangsaan dan kebersamaan.

Seni membuat mural
Kebahagiaan tidak hanya dinikmati oleh warga Indonesia saja, tapi dengan adanya berbagai lomba yang unik dan hanya ada di Indonesia, menjadikan acara dalam rangka kemerdekaan Indonesia menjadi hal yang menarik bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional. Bahkan yang lebih fenomenal, wisatawan tidak hanya melihat atau mengamati saja, bahkan mereka sampai turut serta berbaur dengan warga. Bertanding, bersaing untuk mencapai gelar juara.

Aneka lomba ditawarkan, mulai dari panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, lari bendera, lari karung, menggambar, tembakan dan masih banyak lagi lomba yang ditawarkan. Masing-masing daerah saling bersaing untuk menciptakan kreasi lomba yang menghibur. Lahan sempit bukan menjadi penghalang, dukungan dari pemerintah daerah serta lembaga swasta sangat membantu memperlancar kemeriahan ini. Seperti di Ancol dengan panjat pinang kolosal nya. Sebagian jalan sabang, jadi arena lomba untuk warga atau jalan jaksa yang setiap tahun ditutup untuk aneka lomba bagi warga, pengunjung lokal dan tamu asing yang menginap disana.

panjat pinang

Harapannya, kegiatan seperti ini terus dilestarikan untuk menambah khasanah budaya dan wisata. Menjadi satu agenda rutin untuk menarik wisatawan, terutama wisatawan asing. Sehingga bisa menjadi salah satu tulang punggung untuk mencapai jumlah wisatawan lokal dan domestik yang tiap tahun ditargetkan oleh pemerintah.

Balap karung anak anak




Comments