Discover Roemah Kopi DeKaranganjar Blitar



Menikmati kopi di Café itu biasa, tapi menikmati kopi asli dari kebun kopi itu hal yang luar biasa, bersama keluarga dan orang-orang yang kita cintai. Dengan suasan asri, sejuk serta aneka macam kegiatan bisa dilakukan, menjadikan liburan lebih menyenangkan. Itulah yang dirasakan saat menungunjungi Roemah Kopi De Karanganjar di Blitar Jawa Timur. Disana tidak hanya menikmati kopi, tapi seluruh fasilitas yang ada bisa dinikmati oleh pengunjung.

Dengan harga tiket 5.000 rupiah/orang pengunjung dimanjakan dengan berbagai kegiatan. Tentu saja yang utama menikmati kopi robusta Blitar yang aroma dan rasanya harum dan menyegarkan di tengah udara sejuk di ketinggian diatas 800 meter Dpl. Setelah istirahat dan menikmati kopi, pecinta kopi bisa mengikuti tour kopi. Mbak Indah, pemandu yang masih muda dan enerjik namun mengerti sekali akan kebutuhan pengunjung. Dengan luas 250 hektar (tidak perlu jalan kaki, ada kendaraan yang akan mengantar), pengunjung bisa melihat mulai proses pembibita, perawatan tanaman, melihat kadar kematangan biji kopi, pemilihan, panen, sampai dengan kopi siap dinikmati. Lengkap bukan …? Varietas kopi disini ada 3 jenis, yaitu Kopi Robusta Blitar, Kopi Robusta Blitas Super dan Kopi Excelsa. Jenis yang terakhir ini merupakan kopi favorit saya. Rasanya tidak terlalu pahit, agak sedikit fruity dan aroma nya berbeda dengan dua jenis kopi Blitar lainnya. Apalagi saat minum dipadukan dengan brownis coklat manis. Lengkaplah sudah kenikmatannya.


Kebun kopi excelsa berbeda dengan robusta atau arabica, lebih banyak tumbuh di dataran rendah namun bisa tumbuh juga di dataran tinggi, lebih tahan terhadap penyakit. Secara kasat mata, pohonnya pun berbeda, bentuk daunnya lebih hijau dan lebih lebar.


Supaya liburan lebih bermakna, penulis menyarankan untuk menikmati kopi beramai-raman bersama keluarga atau kerabat yang dicintai. Acara reuni juga cocok disini, seperti yang saya lakukan dengan teman-teman sekolah. Dengan luas lahan yang mumpuni, banyak fasilitas yang ditawarkan. Seperti
Penginapan dengan harga yang bersaing (Rp.150.000 – Rp. 200.000/kamar) dan jumlah kamar 7 cukup untuk membawa seluruh keluarga berlibur disana. Anak-anak akan dimanjakan dengan kebebasan berlari sana sini dan permainan outbound yang dipandu oleh tenaga profesional.
Bosan menunggu anak-anak bermain, orang dewasa bisa bermain air softgun. Sisa-sisa kejayaan pabrik kopi bisa dimanfaatkan sebagai ajang pertempuran. Ini juga yang saya suka, bisa bawa nenek dan kakek jalan-jalan, melihat beberapa museum yang terdapat disana, seperti Moeseum Poerna Bhakti, Museum Peosaka atau melihat langsung kemegahan Roemah Lodji yang masih asli, yaitu rumah keluarga Denny Moch. Roshadi di masa lalu. Roshadi merupakan orang Indonesia pertama yang mengelola sekaligus memiliki kebun kopi dan pabrik kopi ini, sebelumnya masih di kelola oleh Belanda. Uniknya di dalam rumah Loji ini ada kamar istirahat Bung Karno yang masih asli dan tertata dengan rapih. Karena lokasinya cukup luas, pengunjung tidak perlu ragu tidak dapat tempat. Matahari yang bersahabat dan udara segar menjadikan segala sudut nyaman untuk berkumpul dengan keluarga. Masih banyak fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi liburan. Sepertinya untuk berlibur dengan keluarga, tidak cukup hanya sehari, merasakan makan malam dalam suasana romantis di ResKo (Restaurant Perangko) Perlu dicoba juga.

Tertarik untuk berlibur akhir tahun bersama keluarga dan sahabat? Mulai berburu tiket. Supaya mudah, nyaman dan tidak perlu bolos kantor, menuju Blitar dari jakarta, bisa menggunakan kereta Apli Gajayana jurusan Jakarta – Blitar dari Gambir. Berangkat pukul 16.30 dan pukul 07.30 sudah sampai di Blitar. Sampai disana, cukup banyak transportasi yang tersedia untuk menuju kebun kopi Karanganjar. Kalau rombongan dan tidka mau ribet, bisa reservasi ke CS deKaranganjar, di no. telp. 081333383307/0816590778. Kirim eMail dengan alamat karanganjar.koffieplantage@gmail.com. 

Saatnya menikmati kopi di kebun kopi.

Komentar

  1. We are coming.....!
    Siap dimanjakan dengan kopinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Kenikmatan kopi tidak hanya dari ketrampilan Barista, pengolahan biji kopi juga sangat mendukung kualitas kopinya. Penikmat kopi perlu mengetahui juga.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku "How to be a Taipan"