BLog VS VLog


Sudah lama saya tidak mengunjungi blog ku. Karena sedang aktif maintain web midifoundation.or.id. Karena ada keasikan baru, bukan berarti 100% blog pribadiku ini aku tinggalkan. Dalam hidup ada kalanya kita membuat skala prioritas. Nah.. kebetulan skala prioritasku saat ini membuat sekaligus sebagai administrator untuk web yayasan ini. Disamping aku harus maintain web dari beberapa perusaahaan. Semuanya tidak jauh dari aktivitas dunia tulis menulis.

Namun, yang jadi catatan, ternyata di samping blog, ada keasikan lain yang sedang akupelajari. Yaitu membuat Vlog. Tren Vlog yang semakin merajalela, apalagi dengan iming2 penghasilan yang menggiurkan, siapa sih yang gak pengen… Lihat saja, Atta halilintar, Raditya Dika, Ria Ricis dan sederetan selebgram dan Vlogger yang kekayaannya tidak dapat diukur dengan kakulator tukang daging.



Tapi bukan itu alasanku untuk mulai belajar membuat Vlog. Berawal dari penggantian HP jadul menjadi HP dengan seri ter-anyar dari brand yang lumayan terkenal. Saya baru tau, ternyata HP sekarang kapasitasnya besar banget. Bingung juga, HP keren dengan kapasitas besar kalau tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kalau hanya untuk browsing, Telp, chat, sosmed, dagang online. Gak perlu dengan kapasitas yang sebesar itu. Usut punya usut, hobi foto mulai diasah lagi. Download aplikasi untuk edit foto. Ternyata gak puas juga, lebih enak edit foto lewat notebook. Pelan-pelan merekam video dan download aplikasi berbasis mobile. Ternyata banyak juga aplikasi yang gratis alias tidak berbayar, pemakaiannya mudah dan bisa langsung upload ke youtube. Luar biasa bukan… Gampang banget..

Beberapa video mulai aku buat, ternyata gak mudah juga. Sama sepertri menulis, tidak bisa langsung membuat kata dan merangkaikannya. Perlu ada alur ceritanya. Bikin Vlog ternyata lebih susah (menurutku). Supaya mudah, ada beberapa kriteria (versi Meis) yang harus dipenuh, seperti:
-       Menguasai gadget yang kita miliki. Susah kalua pakai gadget pinjaman, apalagi kalau gadget pinjaman yang super canggih, yang ada malah sibuk oprek macam2
-       Menguasai salah satu atau dua apliaksi video berbasis mobile. Biar gak ribet, sebelum bikin video, aplikasi dipelajari dan dikuasai dulu
-       Cek kapasitas memori HP. Jangan sampai lagi asik-asiknya merekam gambar, tiba-tiba memori Full
-       Siapkan topik yang akan diangkat atau dibuat videonya. Kalau sudah professional bisa langsung merekam sana-sini. Tapi bagi pemula, perlu dirancang terlebih dahulu apa2 yang akan diambil gambar. Supaya tidak bingung dan mati gaya
-       Bikin story board. Biar masing-masing alur ceritanya nyambung dan tokohnya jelas.
-       Kalua sudah dirangkai, lihat dan pelajari kembali sebelum video naik ke mendia sosial atau sharing dengan tema-teman di group.
-    Terakhir dan paling akhir. Kualitas gambar dipikirkan nanti yang penting buat dulu dan biikin beberapa video (diulang-ulang supaya lancar).
Nah.. inilah beberapa tips dari Blogger yang lagi seneng-senengnya Nge-Vlog.

Selamat mencoba....

Comments