Apakah anda atau salah satu anggota keluarga anda kecanduan Gadget


Kecanduan atau adiksi gadget lebih bermakna negatif  seperti pada kasus kecanduan narkoba atau minuman keras, bahkan efeknya bisa lebih parah lagi. Karena lebih banyak pengguna gadget yang tidak menyadari bahwa mereka telah masuk pada fase kecanduan. Jumlahnya pun bisa lebih banyak dibandingkan dengan kecanduan minuman keras. Yang lebih parah lagi, kecanduan gadget ini tidak mengenal suku, agama, ras, ataupun status sosial. Setiap insan memiliki potensi kecanduan.

Banyak orang yang bertanya kepada saya, apakah saya kecanduan gadget? Untuk lebih jelasnya, mari kita sama-sama menjawab 10 pertanyaan singkat dibawah ini. Tidak perlu di share kepada orang lain, cukup kita saja yang tau.



1.   Apakah anda panik saat ketinggalan gadget?
2.   Apakah anda lebih sering menggunakan aplikasi WA atau sosmed dibandingkan dengan melakukan panggilan telepon?
3.   Apakah anda langsung mengambil dan membuka gadger dibanding berbasa basi dengan orang di sebelah anda?
4.   Apakah anda membawa HP ketempat tidur?
5.   Apakah anda selalu membaca tulisan pada bagian comment pada postingan yang ada?
6.   Apakah anda merasa ada yang hilang bila satu hari tidak membaca social media ?
7.  Saat melakukan perjalanan, apakah anda lebih memilih melihat gadget dibandingkan menikmati pemandangan di luar mobil?
8.   Apakah anda membuka HP saat makan bersama rekan-rekan/kolega?
9.   Apakah anda sering lupa waktu atau lupa janji karena gadget?
10. Apakah ada orang dekat anda yang menegur atau mengeluh karena anda lebih sering menggunakan gadget dari pada memperhatikan mereka?

Jika jawaban mayoritas atas pertanyaan diatas YA, maka anda dapat dikategorikan sebagai kecanduan gadget. Tinggal tingkatannya saja yang bervariasi.

Dalam buku Seri Sehat dan Panjang Umur “Digital Addiction Quotient” akan dijelaskan lebih detil mengenai tingkatan kecanduan gadget serta tips bagaimana penanganannya. Baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Mengingat, kecanduan minuman (Alkohol) atau makanan (coklat atau permen), kamu akan muntah jika mengkonsumsi terlalu banyak. Tetapi, kecanduan gadget dengan internet nya, tidak akan memberi rasa itu. Kecanduan gadget tidak ada batas dan ini berbahaya.

Pada kecanduan gadget sama seperti kecanduan obat terlarang. Otak akan terus menagih selagi ada yang baru untuk dikonsumsi. Karena pengaruh kecanduan gadget ini berada di otak bukan dilambung.

Comments