Coloring Book for Adult - BALI (Travel Size Edition)

Cover Bali
Dari sudut mana saja Bali tetap indah. Dengan berkunjung langsung ke sana, menikmati foto hasil jepretan foto grafer amatir pun juga luar biasa mengagumkan. Banyak karya seni Bali yang sudah mendunia. Buku Coloring ook for Adult dari IBG Wiraga adalah salah satu jawaban untuk menelusuri keindahan karya seni, alam dan budaya Bali. Saat kita menorehkan warna dalam gambar, akan terasa bahwa kita telah menyatu dengan pesona Bali. Sekaligus menjawab tantangan, solusi wisata bebas korona.


Buku mewarnai seryi Anti Stress Travel Size Edition adalah salah satu karya seni hasil imajinasi IBG Wiraga yang diterbitakan PT Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Spesifikasi buku:
·   Ukuran buku 23 x 15cm
·   Jumlah gambar sekitar 60, isinya merupakan gambar yang menceritakan seni dan keindahan dari pulau dewata.
·    Jenis kertas yang dipakai tidak dijelaskan dalam spesifikasi kertasnya, sepertinya kertas yang digunakan jenis BC Paper ukuran 250gsm. Cukup leluasa untuk menentukan media pewarnaan yang akan dipakai, bisa pensil warna, crayon, atau water color. Bagi yang biasa menggunakan fine liner atau pen brush, tidak jadi masalah juga. Warna tidak akan tembus ke balik kertas. Good quality paper
·    Tahun terbit 2015

Penulis dengan nama asli Ida Bagus Gede Wiraga, dari namanya terlihat beliau asli orang Bali. Lahir dan dibesarkan disana. Darah seni sangat kental mengalir dalam darahnya. Hal ini terlihat dari karya-karyanya yang halus dan memukau. Disamping buku, hasil karya beliau bisa dilihat di IG, FB dan website. Kalau susah carinya, bisa cari di search engine dan ketik nama beliau, banyak karya-karya nya yang muncul.

Halaman Pertama Coloring book Bali

Setelah membuka cover, yang pertama terlihat adalah gambar sesajen Bali. Sama seperti saat pertama kali kita menampakkan kaki di Bali, akan tampak pemadangan sesajen. Pertanda kita sudah sampai di Bali. Disini awal perjalanan kita dengan seni mewarnai.
Sesajen Bali
Begitu juga perjalanan menggambar saya, dimulai dengan mewarnai sesajen. Untuk mewarnai saya memakai Pensil warna Staedtler Luna isi 36 dengan background menggunakan Faber Castell soft pastel. Karena kualitas kertas yang bagus, menggunakan jenis pensil warna apa saja, gambar akan terlihat lebih bagus, tajam dan terang. Kita juga harus hati-hati dan pelan-pelan saat mewarnainya. Teknik mewarnai akan saya jelaskan dalam blog terpisah.






Berikut kelebihan dari buku coloring book - BALI Travel Siza Edition:
  1. Kualitas kertasnya yang cocok untuk menggambar. Jadi tidka ragu lagi, kalua buku mewarnai diterbitkan oleh GPU kualitas kertasnya pasti bagus. Yang ini jangan diragukan lagi. Sudah ada beberapa koleksi coloring book yang saya miliki keluaran Gramedia, kualitas kertasnya sama, bagus dan cocok untuk menggambar
  2. Editing nya pas, tidak memaksakan gambar harus full di kertas, sehingga tidka ada gambar yang terpotong. Terlihat lebih professional dan nyaman untuk diwarnai
  3. Gambarnya hanya satu sisi, jadi bisa bebas dan tidak mengganggu sisi yang lainnya. Setelah mewarnai, hasilnya bisa dihadiahkan ke sanak saudara atau teman. Kalau ingin menikmati sendiri, gambar bisa di bingkai dan diletakkan di kamar. Bentunya yang mungil cocok untuk hiasan dinding kamar minimalis.
  4. Sekilas, gambar terlihat sama, namun kalau dilihat lebih detail, tidak ada kesamaan satu sama lain. Jadi kalian jangan terkecoh, saat bermain dengan warna, disinilah terlihat jelas perbedaannya.
Disamping kelebihan, buku ini memiliki kekurangan, antara lain: 
  1. Karena memakai kertas dengan kualitas bagus, buku jadi tebal, berat untuk dibawa-bawa.
  2. Ukuran buku yang kecil (lebar 15cm) dan jilidnya menggunakan lem panas, jadinya susah untuk mewarnai. Ruang untuk mewarnai jadi sempit dan tangan kiri harus bersusah payah untuk membantu membuka.
Isi Coloring Book Bali

Solusinya buku saya bedah, kemudian saya urutkan sesuai dengan gambar yang akan saya warnai. Kebetulan saya senang bercerita dengan gambar. Kalau dulu saya senang dengan photostory, sekarang jadi image story. Apalah Namanya, yang pasti, gambar saya urutkan sesuai dengan cerita yang akan saya angkat. Kelebihan disini, buku tidak ada halamannya, jadi tidak mengganggu keindahan gambar dan urutan yang akan saya buat. 
Salah satu rangkaian cerita dapat di lihat di IG saya atau di halaman lain blog ini.
Secar aumum buku ini bagus, kalua ada bintangnya, saya kasih 4.5. Kenapa tidak 5, karena masih ada sedikit kekurangannya yang menurut saya cukup mengganggu.
Mewarnai buku ini lebih pas menggunakan pensil warna, karena gambarnya yang cukup rumit dan kecil-kecil, jadi membutuhkan ujung pensil yang runcing. Kurang cocok kalau memakai oil crayon maupun soft pastel. Kalau pun memakai water color, perlu menggunakan kuas yang ukuran kecil. Apapun media yang dipakai perlu kesabaran dan ketelatenan dalam mewarnai. Kebayang kan, bagaimana yang bikinnya. Menggambar aneka macam daun yang mungil dengan pensil.
Buku Travel size edition ini sudah lama terbit, di toko buku Gramedia sudah tidak ada lagi di rak. Bagi pembaca yang ingin memiliki buku ini, bisa order lewat toko buku online. Disana masih cukup banyak stock nya. Recommended banget yang suka travelling (tapi tetep musti dibedah dulu). Sambil menunggu pesawat delay, waktu bisa dipergunakan untuk mewarnai, alternative lain disamping membaca buku atau bermain HP.
Happy coloring ....


Comments