Pensil Warna Ergonomis Bagi Anak-anak dan Dewasa

Sudah sekian lama saya menggunakan pensil warna heksagonal. Sebagai penggemar pensil warna, media ini selalu ada di dalam tas. Setiap waktu saya pakai untuk menggambar atau hanya untuk mewarnai. Bahkan bisa sampai berjam-jam untuk mewarnai. Dengan kondisi tangan yang sudah tidak sempurna, sebentar saja jari sudah terasa pegal dan kesemutan, bahkan kadang-kadang sampai baal (mati rasa). Berbagai cara saya coba untuk menghilangkan rasa kesemutan dan pegal ini, antara lain dengan berisitirahat sejenak setiap 30 menit, melakukan stretching sebelum memulai. 

Beberapa artikel dan toko online menawarkan pensil dengan bentuk Trigonal bagi anak yang agak susah untuk menulis. Di rumah saya cari-cari barangkali ada pensil yang trigonal. Benar juga, saya menemukan satu pensil trigonal. Saya coba untuk menulis, ternyata nyaman juga. Mulai berpikir untuk membeli pensil warna dengan model trigonal. Beberapa merek pensil warna sudah saya beli, untuk iseng-iseng dan coba-coba. Mulai yang standar buatan lokal sampai ke produk premium. 

Tapi, masa musti beli pensil lagi. Godaan tidak terelakkan lagi, setelah browsing salah satu art creative dari luar (German) yang sudah usia lanjut, hampir 20tahun beliau menggunakan pensil trigonal. Dia merasa nyaman dengan pensil tersebuit. Tentu saja saya tidak beli merek pensil warna yang dia pakai, harganya lumayan mahal. Saya pilih produk Italy yang di produksi di Indonesia. Termasuk dalam low cost color pencil. Saya order di toko online, merek Giotto Colors isi 36 warna, dengan bahan dasar oil. Sengaja saya pilih 36, pengalaman saya, isi 36 merupakan jumlah yang pas untuk mewarnai, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Kobinasi warna cukup pas untuk menghasilkans sebuah gambar dengan warna yang menarik. Ada juga produk dengan 24 warna, setelah dipakai rasanya masih banyak yang kurang, terutama untuk blending, perpaduan warna terang dan gelap nya kurang pas.

Trigonal Giotto

Begitu order datang, saya coba untuk mewarnai salah satu koleksi coloring book di rak buku saya. Warna yang keluar cenderung soft. Cocok untuk mewarnai bunga dan daun-daunan yang muda. Termasuk untuk blended dua atau tiga warna dengan warna yang berbeda, tetap terlihat halus. Dibawah ini Giotto Color Chart yang saya buat sendiri, termasuk urutan dan penomoran warna.


Berikut ulasannya.
Kelebihan:
  • Mengurangi rasa pegal-pegal dan kapalan di jari. Cocok buat orang dewasa
  • Nyaman buat anak-anak, karena bentuk trigonal menyesuaikan struktur jari saat memegang pensil. 
  • Ukuran pensil standar, buat anak-anak tidka perlu beradaptasi lagi.
  • Variasi warna untuk isi 36 cukup bagi pemula untuk mewarnai. Kebanyakan warna malah bingung
  • Kuat dan tidak mudah patah
  • Harga tidak terlalu mahal sesuai dengan kualitasnya

Kekurangan:
  • Karena terlalu nyaman, jadinya malas berhenti, kalau gambar belum selesai diwarnai. Jadinya banyak pekerjaan yang terbengkalai (#curhat)
  • Pensil tidak ada nomor/kode/nama untuk masing-masing warna, jadi agak menyulitkan saat mengingat-ingat warna. Saat istirahat sejenak atau meninggal dalam waktu yang agak lama, ketika akan melanjutkan Kembali, sering lupa dan salah, hasilnya warnanya jadinya bervariasi dan aneh.
  • Pigmen warna tidak terlalu kuat atau cenderung soft, sehingga perlu beberapa kali mengarsir supaya menghasilkan warna yang dikehendaki. Yang ini mengarsirnya jangan terlalu kuat, nanti malah tidak rata dan membekas.
  • Perlu rautan yang tajam dan berbeda dengan rautan biasa. Saya pakai yang agak besar.
Dibawah contoh gambar yang di warna yang dibuat dengan pensil warna Giotto. Termasuk background gambar, apakai Giotto. Perlu beberapa kali arsiran supaya menghasilkan warna yang saya kehendaki. Dengan kenyamanan bentuk pensil trigonal, jadi tidak terasa sudah berapa lama duduk di kursi sambal mewarnai. Ada perbedaan warna dari dua gambar tersebut. Bukan dari pensil warna yang dipakai, tapi dari pencahayaan saat mengambil gambar/foto.

Batik dengan Giotto



Demikian ulasan mengenai pensil warna "Giotto oil pencil". Pembahasan mengenai jenis dan merek pensil warna lainnya akan dibahas dalam blok selanjutnya.

Happy coloring...



Comments