Ulasan Buku "Coloring Book for Adults - BATIK"


Cover Buku Batik
Buku mewarnai karang Yulianto Qin, adalah buku pertama penulis yang diterbitakan PT Gramedia Pustaka Utama (GPU). Merupakan bagian dari Seri Art Therapy - Anti Stress.
Spesifikasi buku:
  • Ukuran buku 25 x 25cm
  • Jumlah gambar 61, isinya merupakan gambar batik dari berbagai daerah dan di halaman belakang akan dijelaskan nama serta makna dari gambar tersebut.
  • Jenis kertas yang dipakai tidak dijelaskan dalam spesifikasi kertasnya, sepertinya kertas yang digunakan jenis BC Paper ukuran 250gsm. Cukup leluasa untuk menentukan media pewarnaan yang akan dipakai, bisa pensil warna, crayon, atau water color. Bagi yang biasa menggunakan fine liner atau brush, tidka jadi masalah juga. Warna tidak akan tembus ke balik kertas.
  •  Tahun terbit 2015
Pengantar BukuBuku mewarnai yang cukup menarik. Dimana kita tidak dimanjakan dengan ide-ide untuk mewarnai gambar yang indah, namun kita juga disuguhkan dengan cerita yang menarik dan cukup jelas. Dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Mewarnai sambil menghayati maknanya menjadi suatu keasikan tersendiri, Setelah mewarnai dan memahami makna dari batik yang disuguhkan, pembaca bisa langsung menuju kemari pakaian. Melihat dan memilah-milah koleksi batik yang dimiliki. Salah satu atau salah dua bakalan ada dalam koleksi yang tidak disadari selama ini 
Awal sebagai pengantar dari Penulis. Penulis berprofesi sebagai dosen arsitektur dan illustrator. Salah satu kecintaannya terhadap seni dan kebudayaan dituangkan dalam koleksi kumpulan gambarnya ini. Harapannya kita tetap menjaga kelestarian warisan kebudayaan ini. 


Dalam buku ini dijelaskan juga pembuatannya dengan menggunakan pena (tangan). Meskipun dengan tangan, namun tetap terlihat detil dan akan menantang kita untuk menciptakan efek warna yang menarik. Kita sering pusing akan keruwetan dari motif batik, namun dalam buku ini, sang illustrator menggambarkannya dengan sangat sederhana, kita tinggal berimajinasi menuangkan warna apa yang akan digoreskan. Tidak ada pakem khusus menentukan warna dan media untuk mewarnai. apapun yang dipakai, sah-sah saja. Itulah kebebasan seni, tidak ada batasan dan mengalir begitu saja.
Gambar Pembuka Buku
Halaman pertama dibuka dengan gunungan, menandakan awal dari perjalanan untuk menikmati salah satu warisan budaya nusantara. Jadi seperti masuk ke dunia pewayangan. Gunungan ini memang biasanya ditampilkan sebelum pertunjukan wayang dimulai, Gunungan ditancapkan di tengah layar. Gunungan juga dipakai sebagai tanda akan bergantian tahapan cerita. Disaat itu dalang akan istirahan sejenak, karena umumnya wayang ditampilakn semalam suntuk. Capek banget ya ..

Disini saya mulai bermain dengan warna. Media yang dipakai adalah pensil warna. Saya biasa pakai Faber Castell Classic dengan background menggunakan Faber Castell Soft Pastel. Untuk detil ulasan kombinasi pemakaian dua produk ini ada dalam blok terpisah dengan judul "Kombinasi produk yang pas". Umumnya wayang menggunakan warna klasik atau warna soft, tapi saya lebih suka menggunakan warna terang, kesannya lebih hidup dan eye catching. Biar yang lihat mengetahui kalau yang mewarnai itu saya. (GR amat ya)... 
Motif Ceplok
Motif Ceplok, salah satu motif klasik yang saya suka. Motifnya sederhana, tidak terlalu neko-neko. Menurut penulis, motif ini banyak ditemukan pada ukir-ukiran candi. Ceplok terinspirasi oleh bentuk bunga, daun dan buah-buahan.
Karena bentuknya sederhana, variasi warnanya juga tidak terlalu banyak, lebih dominan pakai warna soft dan klasik. Supaya terlihat hidup dan menyala, tepinya saya pakai warna orang. Bagi yang familier dengan Faber Castell Classic, saya pakai nomor 318.
Batik Motif Patron







Sepertinya ini motif sejuta umat. Hampir setiap orang memiliki batik motif Patron Kembang, hanya tidak menyadarinya. Motif ini beraneka ragam dan berwarna warni. Sehingga saya juga bisa bermain dengan warna. Supaya tidak monoton dan membosankan, background nya saya buat berbeda. Untuk mengeluarkan warna, saya pakai warna hijau menyala. Untuk daun-daun yang berguguran menggunakan warna yang berbeda dengan daun yang masih segar, supaya terlihat nyata perbedaannya.





Masih banyak motif lain yang saya suka. Kalau diturutin bakalan gak bisa ngapa-ngapain, maunya mewarnai terus. 
Seri buku Anti Stress memang dirancang sebagai therapi untuk orang-orang yang mengalami stress, karena kesibukan keseharian, kesehatan, rumah tangga dan lain sebagainya. Dengan mewarnai dan bermain warna, otak akan lebih tenang dan santai. Namun kenyataannya, saya lebih stress dan tegang. Pengennya dalam waktu bersamaan semua isi buku saya lahap. Lupa akan istirahat, segala kegiatan atau pekerjaan yang menunggu. Jadi seperti main game, semakin kita mendalamai, kita akan semakin asik bermain dengan warna. Apalagi coloring book ini sarat dengan makna dan filosofi yang bisa kita pelajari. Jadi masik asik. Tapi ini tantangannya. Perlu manajemen waktu dan manajemen warna, supaya kita sadar kapan akan berhenti/istirahat, sampai dimana dan yang terpenting, kita catat warna apa yang sudah, sedang dan akan dipakai. Ini juga salah satu kelebihan dari Faber castell, penomorannya jelas dan mudah dihafal.
Disamping kelebihan, buku ini memiliki kekurangan, antara lain:
·      Sayaa pakai pensil warna dan softpastel, jadinya hanya satu muka yang bisa dipakai. Karena saya belum menemukan fixativ (coating/penguat) yang pas. Yang ada di toko online harganya lumayan mahal. Jadinya softpastelnya agak menempel di halaman sisi yang berbeda
·      Bukunya agak tebal, jilidnya menggunakan lem panas, jadinya gambar tidak sempurna. Gambar terselip di tengah dan tidak bisa diwarnai. Seharusnya menggunakan benang/dijahit, supaya buku bisa terbuka lebar dan mudah untuk mewarnainya.


Seperti gambar ini. Kita agak susah untuk mewarnainya. gambar sisi kiri dan kanan tidak menyambung dan ditengahnya tidak bisa diwarnai. Jadi nya seperti tidak sempurna. Padahal gambarnya bagus sekali.
Harapannya, buku yang bagus ini bisa cetak ulang dengan kualitas jilid yang lebih bagus, nyaman buat diwarnai. Jumlah halaman juga bisa dikurangi. Biasanya dipakai istilah versi Lite nya, supaya bisa dibawa kemana-mana.
Sudah terbit versi travelnya, namun masih kurang nyaman, karena terlalu tebal dan buku tidak bisa dibuka lebar sehingga kurang nyaman untuk di warnai.
Semoga ini bisa dijadikan masukan bagi penerbit coloring book, supaya melihat kenyamanan dari sudut orang yang akan mewarnainya. Bisa membandingkan dengan coloring book yang dari luar, dimana buku dibuat nyaman pembaca dan bisa dijadikan koleksi saat buku sudah di warnai.
Buku ini sudah lama terbit, di toko buku Gramedia sudah tidak ada lagi di rak. Bagi pembaca yang ingin memiliki buku ini, bisa order lewat toko buku online. Disana masih cukup banyak stock nya, termasuk yang versi travel nya.
Happy Coloring...


Comments