3 Hal Penting Saat Mulai Mewarnai Dengan Pensil Warna (Colored Pencils)


Color Pencils
Seringkali kita melihat gambar milik orang lain terlihat bagus dan rapih sampai ke detil-detilnya, jadi suka iri ya. Rasanya minder untuk memulai menggambar atau mewarnai. Merasa tidak bisa bakat menggambar, membosankan, tidak tau mulai dari mana dan permasalahan lain yang kita sendiri tidak tau solusinya. Hal itu terjadi pada saya juga, saat saya baru memiliki keinginan untuk menggambar. Apalagi kalau lihat di youtube, semuanya keren-keren. Memang kebanyakan artis nya bule-bule atau dari India. Orang lokal relative jarang, meskipun ada juga yang bagus. Yang paling banyak unboxing pensil warna. Satu produk bisa beberapa versi. Tidak bisa dipungkiri, unboxing juga banyak membantu saat pemilihan jenis dan merek pensil warna.

Sesuai dengan pengalaman yang saya alami selama beberapa bulan ini mulai belajar menggambar dan mewarnai, saya ambil 3 hal penting yang harus diperhatikan supaya gambar kita bagus. Tidak perlu material yang mahal, yang biasa-biasa saja juga bisa. Atau pensil warna yang dipakai anak-anak di rumah. 

alas menggambar
  1. Pastikan menggambar atau mewarnai diatas permukaan yang datar, rata dan cukup keras. Saya biasanya pakai meja dada atau alas yang bisa dibawa-bawa. Supaya tidak terlalu keras, saya lapisi lagi dengan kertas 200gsm. Ini sangat membantu, baik mewarnai diatas selembar kertas maupun coloring book. Mentang-mentang pakai coloring book, jadinya bisa mewarnai dimana saja. Tidak juga, tetap harus diatas permukaan yang rata. Plus, jangan sekali-sekali mewarnai sambil tiduran, dijamin hasilnya kurang memuaskan, sayang kan sudah capek-capek mewarnai, hasilnya mengecewakan.
  2. Color Pencils
    Apapun merek dari pensil warna yang dipakai, pastikan ujung pensil runcing. Kalau tumpul, pori-pori kertas tidak tertutup, jadi terlihat putih-putihnya. Saya biasanya setelah mewarnai dan akan merapihkan pensil warna, satu persatu saya lihat. Kalau sudah tumpul langsung saya raut. Jadinya saat mulai mewarnai lagi, pensil sudah siap semua.
  3. Mengarsir
    Yang terakhir ini yang utama dan paling penting. Saat mewarnai jangan menekan pensil terlalu keras, bahkan sampai ujungnya patah. Awal-awal biasanya napsu banget, pengen dapat warna yang bagus, jadinya pensil ditekan sekuat-kuatnya. Hasilnya kurang bagus dan tangan jadi pegel. Sebaiknya mewarnai dengan pelan-pelan dan tidak menekan terlalu keras, tidak rata tidak apa-apa. Ini bisa diulang beberapa kali, nanti akan rata sendiri. Hasilnya juga akan lebih baik. Saat mewarnai tidak dengan sekuat tenaga, tangan jadi tidak capek. Pensil juga tidak boros. Memang untuk mengarsir dengan pensil warna perlu kesabaran, pilih waktu saat benar-benar santai.

Itulah 3 hal penting yang harus dilakukan saat mulai mewarnai. Namun kunci utama supaya hasil nya bagus, yaitu kesabaran dan ketelatenan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai mewarnai sebagai pengisi waktu saat senggang atau di sela-sela WFH.

Comments