Perbedaan Faber Castell Classic dan Faber Castell Water Color yang perlu diketahui


Faber Castell Water Color
Kalau mendengar produk Faber Castell, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Perlengkapan tulis menulis dan menggambar yang selalu ada di toko buku terbesar di Indonesia. Jajaran produk warna merah serta beberapa produk dikemas dengan warna hijau selalu menjadi perhatian pengunjung saat memasuki toko alat tulis.

Dari aneka produk yang berjejer tersebut, saya hanya akan menjelaskan salah satu produk unggulan dari Faber Castell, yaitu Pensil Warna atau dalam bahasa Inggris Color Pencils. Ada dua varian color pencils, yaitu jenis Classic (disingkat FCC) dengan bahan dasar Oil (yang ini sudah saya ulas di blog saya sebelumnya) dan Water Color.

Saya akan membahas lebih detail mengenai perbedaan, kalau persamaan secara kasat mata akan terlihat, yaitu:
  • Kemasan warna merah
  • Bentuknya heksagonal
  • Kemasan terdiri dari isi 12,24,36 dan 48
  • Harganya mirip-mirip, hanya yang water color agak mahalan dikit.
Sedangkan perbedaan yang teman-teman perlu ketahui adalah:
  • Pigmen warnanya, lebih kuat FCC. Keluarnya lebih pekat, sedangkan untuk Water Color, warna akan lebih pekat kalau sudah diulas dengan kuas basah. Untuk perbedaan sebelum di ulas ulas dengan kuas basah bisa dilihat di color chat
  • Kalau dilihat lebih detail, hasil arsiran Water Color terlihat bintik-bintik atau kalau bahasa fotografi, noise. Bintik-bintik ini akan menyatu/hilang apabila di ulas dengan kuas basah. Sedangkan FCC terlihat lebih halus apalagi kalau ujung pensil cukup runding dan diarsir dengan rata, putih-putih tersebut sama sekali tidak tampak
  • FCC diawali dengan angka 3, misalnya 301, 304, 307 sedangkan Water color diawali dengan angka 4, misalnya 401, 404, 407
  • Ini yang perlu diketahui juga, untuk isi 48 ada perbedaan warna isinya. Dalam water color color chat ad 2 nomor yang saya lingkari, yaitu no 441 dan 497. Ternyata 2 nomor tersebut tidak ada, gantinya nomor 432 dan 473. Sedangkan di FCC nomor 397 dan 341 itu ada.
Faber Castell Classic Color Chart

Faber Castell Water Color Chart


  • Untuk blending, FCC lebih halus. Sedangkan Water Color, supaya terlihat halus bisa di ulas dengan kuas basah.
Pertanyaan yang sering muncul. Bagi pemula, mana yang diperlukan? Jawabannya tergantung selera. Kalau ingin warna tajam dan agak capek karena dua kali kerja, ya tentu pilihannya Water Color. Namun yang perlu di perhitungkan yaitu pemilihan kertasnya. Untuk Water Color tidak bisa menggunakan sembarang kertas. Diperlukan kertas khusus Water Color, biasanya agak tebal sekitar 250gsm keatas supaya kertas tidak bergelombang saat kena kuas basah dan kalau diulas beberapa kali kertas tidak sobek atau bolong.

Kalau saya pertama kali belajar sudah menggunakan FCC, karena menyadari saya agak malas kerja dua kali dan tangan suka agak gemetaran kalau memakai kuas. Dari pada hasilnya kurang maksimal, lebih baik saya pakai yang bahas dasarnya oil.

Pertanyaan selanjutnya, kalau kedua jenis ini di gabung atau dipadukan, karena salah satu warna yang diinginkan ternyata tidak ada atau hilang? Saran saya, untuk jenis pensil warna yang berbeda, jangan dipadukan.  Selama jenis pensil warnanya sama, dengan merek yang berbeda hasilnya akan lebih baik dari pada dengan merek yang sama tapi jenis pensil warna yang berbeda.

Dibawah ini gambar hasil dari pensil warna FCC dan Water Color. Silahkan dilihat dan bisa dijadikan pertimbangan, mana yang akan di pakai untuk mulai mewarnai.

Faber Castell Classic

Contoh mewarnai dengan Faber Castell Classic








Faber Castell Water Color

Contoh mewarnai dengan Faber Castell Water Color









Selamat Berkarya, Happy coloring

Comments