Perlengkapan Menggambar Dengan Color Pencils



Perlengkapan menggambar
Memilih perlengkapan untuk menggambar merupakan dasar atau hal yang paling utama disamping ketrampilan dan kebiasaan. Bagi pemula berinvestasi dalam material yang berkualitas sangatlah penting. Siapa tau kedepannya ternyata menggambar tidak hanya menjadi hobi, tapi telah menjadi satu kebiasaan yang pada akhirnya menghasilkan suatu manfaat, baik manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Material apa saja yang dibutuhkan untuk menggambar. Dibawah ini akan dijelaskan secara terperinci materia dasar apa saja yang umum dipakai bagi pemula.

1. Pensil warna


Color pencils
Sesuai dengan judul diatas dan hobi utama penulis, yaitu menggambar dengan pensil warna. Maka sebagai perlengkapan utama dalam menggambar tentu saja  pensil warna. Ternyata type pensil warna itu bermacam-macam. Ada 3 tipe material pensil warna, antara lain:



  • wax core pencils, ini agak jarang ditemui di toko-toko di Indonesia. Umumnya dijual di toko online. Yang terkenal merek Prismacolor. Harganya masih lumayan tingg. Sayang kalau dipakai bagi pemula. 
  • Oil core pencils, lumayan banyak merek pensil warna yang beredar di toko-toko di Indonesia. Harganya juga bervariasi, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal ada di beberapa toko tradisional maupun toko online. Untuk jenis oil pencils, saya masih percaya dengan Faber Caster. Ada 3 varian faber castel, mulai dari Faber Castell Classic, Faber Castel Goldfaber, dan yang premium Faber Castell Polychromos. Saya sarankan, untuk pemula bisa pakai Faber Castell Classic, namun kalau ada dana lebih bisa pakai Faber Castell Goldcastell. Sedangkan Faber Castell yang Polychromos kebanyakan dipakai oleh artis professional. Disamping harganya yang selangit, kualitasnya memang jauh diatas. Kembali ke filosofi, ada uang ada barang.
  • Jenis yang ketiga, adalah water color pencils. Biasanya jenis water color pencil pigmen warnanya lebih kuat dan harganya lebih mahal dari oil core. Bagi pemula yang masih ragu dan ingin coba-coba water color, pensil warna ini yang paling tepat. Saat kurang nyaman dengan pensil warna, bermain warna dengan water color dan kuas. Untuk water color, saya juga masih percayakan dengan Faber Castell water color, disamping saya sudah terbiasa dengan kode pensil, harganya juga tidak terlalu mahal. Jadi tidak rugi-rugi amat kalau ternyata saya lebih memilih oil core pencils.
2. Sketchbooks/Paper/Coloring book

Coloring book for adult
Bagi yang sudah mahir menggambar, sketchbook merupakan material wajib untuk menggambar. Namun bagi pemula yang tangannya masih kaku, bisa mulai cari-cari coloring book. Buku mewarnai tidak hanya bagi anak-anak, tapi ada juga yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Harga coloring book juga tidak terlalu mahal, bisa disesuaikan dengan kantong. Material/kertasnya juga bagus, cocok untuk ketiga material/pensil warna diatas. Sudah banyak coloring book yang saya koleksi. Dari pengalaman saya dengan berbagai coloring book, material/kertas dari percetakan yang bagus dan enak dipakai adalah coloring book yang dicetak oleh penerbit gramedia group. Pemilihan kertas dan edit gambarnya pas. Kadang-kadang ada juga juga yang kurang pas, tapi itu bisa dipili-pilih. 
Faber Castell Paper Pad
Bagi yang akan coba-coba menggambar, saya sarankan memilih jenis kertas ukuran A5 atau A4 dengan berat 160 - 200gms. Ukuran ini pas untuk jenis pensil warna, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Saat ini saya pakai Paper Pad dari Faber-Castell. Sudah banyak gambar yang saya hasilkan dengan kertas jenis ini.
3. Sharpener/Penyerut
Faber Castell Sharpener
Kadang kita meremehkan serutan ini. Eitss.. jangan salah, beberapa kali saya ganti serutan, karena hasilnya mengecewakan. Saat diserut, pensil warna tidak runcing, atau malah patah. Kalau membeli pensil warna faber castell isi 48, sudah termasuk serutan. Kualitasnya nya cukup bagus. Jadi belum perlu untuk membeli penyerut lagi. Tapi kalau sudah terlalu sering dipakai, saya sarankan mulai membeli serutan yang lebih bagus. Kalau bisa, jangan membeli serutan yang diputar. Kita tidak tau kapan pensil sudah runcing atau kadang-kadang terlalu runcing, jadi boros. Sayang kalau sudah investasi pensil warna yang mahal, tapi pemakaiannya boros karena kesalahan memakai penyerut.
Derwent Sharpener
Disampai pakai penyerut dari Faber Castell, saya juga memakai penyerut dari Derwent, harganya sedang (sekitar 45ribu), tapi kualitasnya lumayan bagus. Ada 2 lubang, jadi bisa dipakai untuk pensil dengan ukuran yang berbeda. 


4. Pensil gambar
Pensil Mekanik
Saya lebih senang pakai pensil mekanik. Lancipnya konsisten/rata gak bisa tumpul. Untuk skets saya pakai jenis HB. Tidak terlalu nyata, kalau salah mudah menghapusnya. Dulu saya pakai pensil biasa, ukuran HB, B dan 2B. Kadang suka ribet dengan tebal tipisnya, lebih sering nyerutnya, karena ingin ujungnya lancip. Kalau untuk pensil, bisa pakai type dan merek apa saja. Yang penting enak dipakai.
5. Penghapus/Eraser
Pen Eraser
Saya pakainya pen eraser. Tidak mudah kotor. Karena saat menggambar, kadang tangan kita berkeringat. Jadinya berpengaruh pada penghapusnya dan hasilnya jadi ikutan kotor. Pen eraser ujungnya juga kecil, jadi untuk yang kecil-kecil menghapusnya lebih mudah. 
6. Fine Line pen
Fine Line Pen
Yang ini hanya opsional. Saya pakai Fine line untuk menebalkan gambar sendiri sebelum pakai pensil warna. Tapi itu tidak selalu. Kalau pakai coloring book, fine line dipakai kalau ada gambar atau garis yang perlu ditambahkan. Kadang kita tidak puas hanya dengan gambar yang ada, perlu di tambah-tambah sedikit. Untuk skets tambahannya saya memakai pensil biasa, lalu ditimpa dengan Fine Line. Yang perlu diingat, fine line tidak bisa dihapus, kalau masih skets, lebih baik pakai pensil terlebih dahulu. Saya pakai Sakura Pigma Micron Fine Line. Ada 7 ukuran, yang paling sering saya pakai ukuran 0.3 dan 0.1. Ukuran ini tidak terlalu tebal untuk membuat garis.
7. Blending Stump
Blending Stump
Ini juga opsional. Biasanya dipakai untuk blending atau percampuran warna supaya lebih halus dan tercampur. Bahannya sederhana, dari gulungan kertas. Tapi kalau bikin sendiri suka tidak sempurna. Lebih baik beli saja, harganya juga tidak terlalu mahal. Blending stump ini biasanya saya pakai untuk gradasi gambar daun atau bunga. Gambar lebih terlihat soft.


Demikian penjelasan mengenai perlengkapan untuk menggambar. Masih banyak material lain yang diperlukan. Namun selama ini hanya material ini yang saya pergunakan dan selalu ada di dalam tas. 

Comments