Quotes of the day

Quotes to keep your spirits up during Pandemic


quotes pandemic

Hampir setiap hari saya membaca di sosial media mengenai quote of the day. Sekarang kita lihat, berapa jumlah post #quoteoftheday di IG, ada sekitar 42.3M posts, #katamutiara 1.4M, #katabijak 2.8M. Luar biasa bukan. Artinya orang-orang di dunia bersemangat untuk mengisi hari-hari nya dengan quote/katamutiara/katabijak. Bagaimana dengan anda?

Quote sendiri memiliki arti sebagai “kutipan”. Di Indonesia quote banyak diartikan sebagai kata mutiara atau kata bijak. Awalnya quote dipakai sebagai penyemangat. Namun berjalannya waktu quote dibuat sesuai dengan situasi dan kondisi. Seperti kondisi sekarang, sebagai penyemangat dengan adanya pandemi, muncul banyak quote, baik yang mengandung unsur negatif maupun positif. Dengan adanya sosial media, quote ini menjadi semakin populer. Kita tidak perlu capek-capek lagi mengarang quote atau kata mutiara, tinggal ke si mbah google, search dengan keyword “quote”, “kata mutiara” atau “kata bijak”, akan muncul berderet quote yang akan muncul. Tidak hanya berupa kata-kata, tapi sudah termasuk ilustrasi dan gambarnya.

Namun sangat disayangkan, kadang kita hanya copy paste (asal ceplok) quote tersebut, yang penting isinya bagus dan sesuai dengan kehendak hati. Tanpa mempertimbangkan, siapa yang membuat quote tersebut, bagaimana hurufnya, bagaimana kualitas gambarnya? Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kita meletakkan quote tersebut di sosial media. Sayang kan kalau quotenya sudah bagus, tapi kualitas gambarnya tidak memadai, kadang burem/pecah atau tulisan malah tidak terbaca.

Alangkah lebih baik lagi kalau quote/kata mutiara itu kita sendiri yang buat, termasuk ilustrasi/gambarnya. Orang atau pembaca akan lebih menghargai hasil karya kita. Takut di contoh? Tak apa itu hal biasa. Apa sih sekarang yang masih asli/original? Kalaupun itu asli bikinan sendiri, paling tidak ada unsur melihat punya orang lain atau sedikit meniru gayanya. Jangan takut untuk ditiru. Kalau kita ketakutan hasil karya akan ditiru atau dicontek orang lain, kita malah tidak bisa berkreasi, ide dan kreatifitas akan mandeg karena selalu dihantui dengan ketakutan akan plagiat ini. Begitu juga dengan sebaliknya, kalau kita mengambil hasil karya orang lain, sebutkan sumber nya dan kalau memungkinkan, minta ijin pada yang memiliki nya. Cek dulu, apakah ide tersebut di peruntukkan bagi publik atau sudah dipatenkan, atau siapa saja bisa memakai, selama bukan untuk komersial.

Berikut contoh quote of the day yang saya buat. Quote saya ambil dari internet dan diperuntukkan bagi publik. Sedangkan latar belakang saya buat sendiri dengan menggunakn pensil warna. Hasilnya, silahkan anda sendiri yang menilai.

Selamat berkreasi


Comments