Resensi: Pensil Warna Sejuta Umat


Pensil warna terbaik
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman menggunakan salah satu pensil warna favorit saya. Berawal dari keisengan dan bingung cari kegiatan, saya menemukan keasikan tersendiri dengan menorehkan pensil warna di coloring book. Waktu itu saya membaca salah satu artikel plus ulasan di youtube, kalau mau puluh pensil warna pilihlah yang sudah terkenal. Artinya sudah banyak yang pakai. Harga bukan menjadi patokan, karena varian dan merek pensil warna banyak sekali. Mulai yang abal-abal alias tidak ada mereknya sampai dengan yang harganya jutaan. Mana yang terbaik, tergantung dari kondisi kantong masing-masing. Ada barang ada harga, begitulah filososfi pedagang.

Butuh waktu yang lumayan lama untuk menentkan pensil warna yang akan saya pakai mewarnai. Dari beberapa ulasana, terpilihlah Pensil Warna Faber Castell Classic (FCC). Disamping harganya yang sesuai dengan kantong, plus saat itu say apikir sayang kalau beli pensil warna mahal-mahal. Toh dipakainya hanya sekali-sekali. Belum lagi kalau baru pakai beberapa kali terus bosan. Saya beli Fiber Castell Classic isi 48 batang di Tokopedia. Saya sengaja beli yang isinya banyak, supaya saya bisa bermain dengan warna. Saya paling suka gambar yang color full, tidak monoton dan tidak membosankan.


Berawal iseng-iseng dan coba-coba, pada akhirnya jadi kecanduan. Menggambar dan mewarnai jadi suatu kebutuhan sehari-hari. Sehari tidak menorehkan pensil warna ke kertas gambar, rasanya seperti ada yang kurang. Tidak hanya menggambar sendiri, tapi diselingi dengan mewarnai di coloring book. Sejak mengenal pensil warna, coloring book jadi tambahan koleksi buku di rumah.

Sejak 3 bulan saya mengenal dunia mewarnai, Sebagian besar saya menggunakan pensil warna Faber Castel Classic. Berikut kelebihan Pensil warna Faber Castell Classic yang saya rasakan:
Faber Castell Classic
  1. Dengan 48 warna, cukup untuk blending, warna cukup bervariasi dan tidak monoton
  2. Pensil cukup keras, sehingga tidak mudah patah, meskipun ditekan cukup keras
  3. Dengan ukuran pensil 17cm, sangat hemat untuk mewarnai. Saya sudah pakai mewarnai lebih dari 100 gambar, pensil warna belum sampai setengah. Meskipun saya rautnya cukup lancip.
  4. Dalam kemasan 48 warna sudah dilengkapi dengan rautan yang kualitasnya bagus. Cocok untuk meraut pensil warnanya. Biasanya produk gratisan kualitasnya kurang bagus. Yang ini lain, gak perlu beli rautan lagi
  5. Ini yang saya paling suka, ada nomornya. Tidak semua pensil warna low end ada nomor atau Namanya. Buat saya, penomoran ini sangat penting. Mengingat saya menggambar tidak langsung selesai saat itu juga, tapi satu gambar bisa berhari-hari. Tidak mungkin saya menghafalkan warna pensil warna. Dengan adanya kode/nomor masing-masing pensil, jadi mudah mencatatnya. Jadi lebih professional, warna gak kemana-mana. 


Disamping kelebihan-kelebihan diatas, ada juga beberapa kekuranga, antara lain:

  1. Pigmen warnanya kurang tajam, jadi perlu kesabaran untuk mendapatkan hasil/warna yang diharapkan. Kalau ingin warna yang cerah, bisa pakai saudara kandungnya yang high end, Faber Castell Goldfaber atau Faber Castell Polycronos.
  2. Saya membeli isi 48 dengan kemasan dari kardus. Bagi saya kurang nyaman, susah untuk mengurutkan penomorannya. Jadinya saya pakai pencil case yang memanjang, sehingga nomor dan warnaya bisa diurutkan. Mungkin kalau beli yang kemasan kaleng, sudah terurut dengan sendirinya
  3. Kualitas masing-masing warna tidak seragam, ada yang kualitasnya bagus dan enak dipakai, ada juga agak keras dan warnanya tidak keluar. Untuk warna dasar, kualitasnya cukup bagus. Tapi untuk warna diatasnya (yang lebih tua), warna tidak terlalu keluar.

Sementara itu kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan selama memakai Faber Castell Classic, so far saya nyaman menggunakan pensil warna ini. Susah untuk ke lain hati, kalaupun mau coba produk sejenis bisa pakai Faber Caster Water Color atau produk saudara kandungnya yang kualitas dan harga diatasnya. Dengan 3 varian Pensil warna, Faber Castell menjadi pensil warna sejuta umat. Mau yang low end ada, middle ada juga, High end yang dipakai artis seluruh dunia juga ada.


Berikut gambar-gambar yang saya hasilkan dengan menggunakan FCC selama 4 bulan ini.

1. Barong Bali
Barong Bali















2. Motif Batik 
Batik Nusantara














3. Gambar lainnya 
Gambar bunga dengan Faber CastellGambar Bunga Dengan Faber CastellGunungan


Comments